Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Pengertian Chatting dan Contoh Aplikasinya

Tulisan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian chatting dan contoh aplikasinya yang banyak digunakan oleh para netizen. Kami yakin tentunya bahwa sebagian besar dari kamu semua yang membaca tulisan ini pernah melakukan chatting dan menggunakan aplikasinya baik yang sadar dia melakukan chatting maupun tidak. Saat ini banyak sekali perangkat atau aplikasi untuk chatting terlebih untuk perangkat-perangkat moble misalnya handphone, tablet dan yang lainnya. Dan inilah penjelasan mengenai pengertian dari chatting dan berbagai macam contoh aplikasinya. So, silahkan disimak baik-baik informasi yang berikut ini.

Pengertian Chatting
Source : https://www.flickr.com/photos/byte/7174751441

Pengertian Chatting

Pengertian Chatting dan Contoh Aplikasinya

Kami tentunya percaya bahwa kamu sekalian tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Secara umum chatting diartikan sebagai suatu cara berkomunikasi antara satu orang dengan orang lainnya dengan menggunakan jaringan internet. Komunikasi dilakukan bisa hanya dua orang saja maupun banyak (kelompok) yang dilakukan dengan percakapan data, suara ataupun video. Seiring bertambahnya waktu dan berkembangnya teknologi maka aplikasi-aplikasi untuk chattingpun semakin hari semakin mutakhir, yang dahulu hanya bisa teks saja, sekarang sudah bisa suara, video bahkan sampai ada emoticonnya. Bukan begitu teman-teman?

Pengertian Chatting Menurut Media

banyak sekali media-media diinternet pada khususnya yang memberikan pengertian mengenai chatting, namun secara garis besar kita bisa ambil pengertiannya sebagai suatu cara berkomunikasi dengan orang lain yang menggunakan internet pada waktu yang sama dengan kamu. Tentunya komunikasi ini dilakukan dengan media yang kita sebut sebagai aplikasi chatting. Untuk komunikasi sendiri bisa dilakukan dalam bentuk teks, suara dan juga video.

Lalu Apa Sih Pentingnya Chatting?

Setelah kita mengetahui definisi dari chatting yang telah dipaparkan diatas baik secara umum maupun dari media, ada baiknya kita juga mengetahui apa sih pentingnya dari chatting. Manfaat chatting tentunya banyak sekali terlebih dalam hal komunikasi, dengan chatting komunikasi kita serasa lebih mudah dan juga murah. Kita juga bisa belajar dan berdiskusi dengan menggunakan aplikasi chatting. Dan juga kita bisa bertanya dan berkonsultasi kepada para pakar dengan berchatting ria melalui berbagai macam perangkat chatting yang ada pada saat ini.

Namun dalam melakukan aktifitas chatting kita harus mematuhi rambu-rambu, etika-etika, atau norma-norma yang berlaku baik itu yang sudah tertulis maupun tidak tertulis. Terlebih karena kita berada dinegara Indonesia yang notabene memiliki adab tersendiri dalam berhubungan dengan orang lain, dalam hal ini adalah berkomunikasi. Etika-etika tersebut seperti biasakan menggunakan bahasa yang sopan, tidak menggunakan bahasa yang vulgar, mengucapkan salam, tidak membawa-bawa hal-hal yang terkait SARA, tidak menulis dengan huruf kapital, tidak mengganggu atau berlaku iseng, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Pengertian Web Browser, Manfaat Serta Contohnya

Contoh Aplikasi Chatting

Berbagai Contoh Aplikasi Chatting Paling Populer

1. BlackBerry Messenger

BBM merupakan salah satu aplikasi untuk chatting yang paling banyak digunakan, penggunanya mencapai lebih dari 190 juta orang. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2005 oleh perusahaan BlackBerry Ltd ini bisa digunakan diberbagai macam platform seperti misalnya BlackBerry, iOS, Andorid dan juga Windows Phone.

2. Whatsapp

Salah satu perangkat chatting yang paling banyak digunakan netizen saat ini adalah Whatsapp yang dimiliki oleh perusahaan Facebook Inc. Menurut data yang bersumberkan dari situs yang terpercaya menyatakan bahwa saat ini pengguna aplikasi Whatsapp ini lebih dari 1 milyar orang diseluruh dunia (Februari 2016).

3. Line

Line merupakan aplikasi untuk chatting yang termasuk populer, penggunanya sekitar 700 juta orang diseluruh dunia (estimasi akhir tahun 2015). Line bisa digunakan diberbagai macam perangkat seperti smartphone, tablet, komputer dan lainnya diberbagai macam platform seperti Andorid, iOS, Windows Phone, dll.

4. Yahoo Messenger

Salah satu perangkat chatting yang berusia senior adalah Yahoo Messenger yang dimiliki perusahaan Yahoo dari Amerika Serikat. Walaupun sudah cukup lama namun aplikasi ini masih tetap eksis dengan pengguna yang lumayan banyak diseluruh dunia. So, paakah kamu pengguna setia Yahoo Messenger?

5. Skype.

Skype merupakan aplikasi chatting yang menyediakan layanan video chat dan voice call walaupun didalam aplikasi tersebut kita juga bisa menggunakan text. Perlu diketahui bahwa saat ini Skype dimiliki oleh Microsoft dan penggunanya mencapai angkat 660 juta dengan pengguna aktif encapai 300 juta pengguna.

Artikel Lainnya : Browsing Adalah? Inilah Jawabannya

Nah itulah dia penjelasan mengenai pengertian chatting baik yang secara umum kita ketahui maupun yang didefinisikan oleh media. Selain itu dalam tulisan kali ini juga kita bisa mengetahui contoh-contoh aplikasi chatting yang populer pada saat ini. Mungkin hanya sekian penejelasan mengenai pengertian chatting dan contoh aplikasinya, semoga bermanfaat dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar