Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Definisi Organisasi Internasional Beserta Contohnya

Dalam tulisan kali ini kamu akan membaca mengenai berbagai macam definisi organisasi internasional yang dikemukakan oleh para ahli baik itu dari media ataupun perorangan. Dalam tulisan ini juga terdapat informasi mengenai contoh-contoh organisasi internasional yang ada didunia ini. So, langsung aja disimak informasinya mengenai definisi organisasi internasional beserta dengan contoh kongkritnya. Simak baik-baik tulisan yang satu ini ya teman, lets check this out.

Definisi Organisasi Internasional
Source : https://www.flickr.com/photos/un_photo/3311542781

Mengenali Definisi Organisasi Internasional

Inilah Berbagai Definisi Organisasi Internasional

Definisi organisasi internasional menurut halaman situs Wikipedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat dunia secara sukarela yang didasari atas dasar kesamaan tujuan demi terciptanya perdamaian dunia dalam tatanan hubungan internasional. Dari sini kita dapat mengambil sedikit kesimpulan bahwa pada dasarnya setiap organisasi dibentuk atas dasar tujuan yang sama, termasuk terbentuknya organisasi internasional seperti PBB, ASEAN, dan lainnya.

Definisi organsiasi internasional menurut N.A. Maryan Green adalah organisasi yang dibentuk berdasarkan perjanjian dengan tiga atau lebih negara yang menjadi anggota. Beliau menyimpulkan bahwa organisasi sosial lebih cenderung kepada kerjasama multilateral atau banyak negara ketimbang kerjasama bilateral atau dua negara saja. Dari perkataan beliau kita bisa memberikan permisalannya seperti organisasi internasional ASEAN yang didirikan dengan tujuan tertentu dan atas dasar Deklarasi Bangkok yang disetujui oleh lima negara pendirinya.

Baca Juga : Macam-macam Organisasi Internasional

Definisi organisasi internasional menurut Teuku Mas Rudy adalah sebuah pola kerjasama antara banyak negara dengan didasari atas struktur organisasi yang jelas dan lengkap serta diharapkan atau diproyeksikan dapat menjalankan tugas-tugasnya atau fungsi-fungsinya secara berkesinambungan demi tercapainya tujuan-tujuan yang telah disepakati bersama baik antara pemerintah dengan pemerintah ataupun sesama organisasi non-pemerintah pada dasar negara yang berbeda.

So, Apa Definisi Organisasi Internasional Menurut Kamu?

Berbagai Contoh Organisasi Internasional

Inilah Contoh-contoh Organisasi Internasional

Ketahuilah bahwa didunia ini ada banyak sekali contoh organisasi internasional yang perlu kamu ketahui. Organisasi-organisasi internasional tersebut ada yang diikuti oleh Indonesia dan ada juga yang tidak. Dan inilah beberapa contoh dari organisasi internasional tersebut, silahkan disimak baik-baik.
  • PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa)
  • APEC (Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik)
  • OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi)
  • G20 (Kerjasama Ekonomi 20 Negara Terbesar Dunia dalam PDB)
  • ASEAN (Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara)
  • OKI (Organisasi Kerjasama Islam)
  • Dan masih banyak lagi.

Nah itulah tulisan mengenai definisi organisasi internasional menurut para ahlinya, dalam tulisan diatas terdapat informasi singkat mengenai contoh-contoh organisasi internasional yang ada didunia ini. Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan manfaat kepada kamu semua dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar