Memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan umum dan sosial khusunya mengenai Indonesia yang kita cintai ini dan mengenai dunia global pada umumnya.

Penjelasan Seputar Arti Lambang ASEAN Dan Keterangannya

Tentunya kamu sudah pernah melihat lambang ASEAN bukan, gambar tersebut sering terlihat dibuku-buku pelajaran ketika membahas kerjasama internasional ASEAN dalam mata pelajaran geografi, tapi apakah kamu mengtahui arti sesungguhnya dari lambang tersebut? Untuk lebih jelasnya mari kita simak urainnya berikut ini mengenai arti lambang ASEAN dan juga keterangannya:

Lambang ASEAN
Sumber : https://www.flickr.com/photos/10484270@N06/3115227593/

Mengenali Arti Lambang ASEAN

Inilah Penjelasan Mengenai Arti Lambang ASEAN

Gambar diatas merupakan logo atau lambang ASEAN yang kita sering jumpai dibuku-buku atau media-media lainnya seperti internet, koran, poster, dan lain sebagainya. Dari gambar tersebut terlihat 10 barang padi yang terikat yang menggambarkan persatuan, kesatuan dan persahabatan dari ke-10 negara-negara yang menjadi anggota ASEAN (Organisasi negara-negara di Asia Tenggara).

Adapun untuk warna yang berada pada lambang tersebut memiliki arti dan makna tersendiri. Warna biru memiliki arti perdamaian dan keamanan, warna merah memiliki arti keberanian dan dinamika, warna putih memiliki arti kesucian, dan warna kuning memiliki arti kemakmuran dan kesejahteraan. Sedangkan lingkaran yang ada melambangkan persatuan antara negara-negara anggota ASEAN.

Baca Juga : 11 Nama Ibukota Negara-negara Asia Tenggara

Inilah Nama-nama Negara ASEAN Beserta Nama Ibukotanya

Ketahuilah bahwa pada awalnya ASEAN hanya terdiri dari 5 negara saja, mereka adalah negara-negara pemrakarsa ASEAN yang terbentuk pada 8 Agustus 1967, negara-negara tersebut antara lain adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Namun saat ini jumlah anggota ASEAN bertambah banyak menjadi 10 negara yang berada didalam kawasan yang luasnya 6 juta kilometer persegi. Dan inilah 10 negara ASEAN beserta dengan nama ibukotanya, silahkan disimak:
  • Indonesia, negara ini memiliki ibukota di Kota Jakarta.
  • Malaysia, negara ini memiliki ibukota di Kota Kuala Lumpur.
  • Thailand, negara ini memiliki ibukota di Kota Bangkok.
  • Singapura, negara ini memiliki ibukota di Kota Singapura.
  • Filipina, negara ini memiliki ibukota di Kota Manila.
  • Brunei Darussalam, negara ini memiliki ibukota di Kota Bandar Seri Begawan.
  • Vietnam, negara ini memiliki ibukota di Kota Hanoi.
  • Kamboja, negara ini memiliki ibukota di Kota Phnom Phen.
  • Laos, negara ini memiliki ibukota di Kota Vientiane.
  • Myanmar, negara ini memiliki ibukota di Kota Naypyidaw.
 Artikel Selanjutnya : Profil 10 Negara di Asia Tenggara

Itulah Penjelasan Mengenai Arti Lambang ASEAN

Nah itulah penjelasan singkat mengenai arti lambang ASEAN beserta keterangannya secara lengkap, dalam tulisan ini juga dicantumkan nama-nama negara yang ada dikawasan Asia Tenggara beserta dengan nama ibukotanya. Semoga tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengtahuan seputar ASEAN kepada kalian semua, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan kamu.

2 komentar: